Istri kades yang menjadi terdakwa asusila menangis bahagia usai mendengar putusan Majelis Hakim PN Kalianda atas vonis bebas suaminya. (Foto : iNews/ Heri Fulistiawan)
Heri Fulistiawan

LAMPUNG, iNews.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lampung Selatan mejatuhkan vonis bebas kepada Bagus Adi Pamungkas, Kepala Desa Rawa Selapan yang didakwa atas tindakan asusila kepada stafnya Ririn Fatmawati. Setelah 18 kali persidangan, terdakwa tak terbukti bersalah atas semua dakwaan.

Seusai pembacaan vonis, tangis keluarga terdakwa pun pecah di ruang persidangan. Bahkan istri terdakwa, terlihat menangis bahagia karena bisa kembali bersama suaminya.

"Saya dari awal yakin suami saya tidak bersalah. Saya kaget waktu adanya kasus ini. Saya 100 persen percaya sama suami saya," ujar Dewi, istri terdakwa, Kamis (23/6/2022).

Kuasa hukum terdakwa, Tarmizi mengatakan kliennya tidak terbukti melakukan tindak asusila. Seluruh saksi-saksi yang dihadirkan hanya berdasarkan informasi dari media sosial.

"Putusan hakim dinyatakan bebas. Semua dakwaan yang ajukan jaksa penuntut umum, ada empat dakwaan, tidak ada satu pun yang terbukti, fakta persidangan juga mendukung," kata Tarmizi.

Selain mendapat vonis bebas, Hakim Pengadilan Negeri Kalianda Fitra Reynaldo mengatakan, terdakwa berhak mendapatkan pemulihan nama baik. Sementara kuasa hukum terdakwa akan melakukan musyawarah dengan keluarga untuk menuntut balik atas pencemaran nama baik yang disangkakan saksi Ririn.

Diketahui dalam sidang sebelumnya, Bagus Adi Pamungkas, selaku Kepala Desa Rawa Selapan didakwa atas tindakan asusila kepada stafnya bernama Ririn Fatmawati,. Terdakwa dituntut 4 tahun penjara dan uang restitusi sebesar Rp36 juta.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT