Bea Cukai Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp8,9 Miliar

Andres Afandi ยท Rabu, 13 Desember 2017 - 16:03:00 WIB
Bea Cukai Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp8,9 Miliar
Bea Cukai Bandar Lampung musnahkan sejumlah barang impor ilegal yang dilakukan penindakan sepanjang tahun 2017. (Foto: iNews/Adres Afandi)

LAMPUNG, iNews.id - Sejumlah produk rokok dan minuman keras (miras) ilegal dimusnahkan petugas kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Rabu (13/12/2017). Barang bukti produk ilegal tersebut merupakan hasil penindakan sepanjang tahun 2017.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandar Lampung, Yusmariza mengatakan, dengan masuknya barang ilegal tersebut menyebabkan potensi kerugian negara mencapai miliaran rupiah. Sebagian besar barang sitaan berasal dari China dan Jepang.

“Produk bermasalah ini pada umumnya merupakan hasil ungkap dari sejumlah jasa pengiriman barang dalam negeri dan cargo antara negara,” ujarnya, Rabu (13/12/2017).

Berdasarkan pantauan di lokasi, pemusnahan barang milik negara ini disaksikan oleh sejumlah pejabat instasi terkait mulai kepolisian, TNI, dan kejaksaan di Kota Lampung.

“Produk ilegal yang kami musnahkan di antaranya sebanyak dua juta batang rokok ilegal berbagi merek, 898 botol miras, alat bantu seksual serta produk pertanian dan mainan anak-anak,” ungkapnya.

Yusmariza mengatakan, keberhasilan semua itu merupakan hasil kerja keras petugas Bea Cukai dalam menindak tegas para pelaku pengemplang pajak.

Menurut dia, kegiatan penindakan ini bertujuan agar produk ilegal tidak beredar luas karena tidak diketahui tingkat keamanan jika dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kami musnahkan menggunakan mesin silinder seluruh produk impor ilegal yang disita terhitung hingga bulan Desember 2017 totalnya sebanyak 138 penindakan dengan perkiraan nilai hasil barang penindakan senilai lebih dari Rp8,9 mliar serta dengan potensi kerugian negara senilai Rp3 miliar,” kata dia.

Editor : Dony Aprian