Buron 2 Tahun, Menantu Kuras Harta Mertua di Tanggamus Ditangkap di Yogyakarta

Indra Siregar ยท Minggu, 18 April 2021 - 22:25:00 WIB
Buron 2 Tahun, Menantu Kuras Harta Mertua di Tanggamus Ditangkap di Yogyakarta
Polres Tanggamus menangkap RSF menantu yang mencuri sertifikat tanah mertua di Apartemen Kota Yogyakarta. (Foto: MNC Portal/Jimi Irawan)

TANGGAMUS, iNews.id - Ibu muda berinisial RSF warga Tanggamus, Lampung  yang telah ditetapkan tersangka pencurian sertifikat tanah dan BPKB kendaraan milik mertuanya ditangkap polisi..

RSF ditangkap di apartemen Malioboro City, Kota Yogyakarta, DIY bersama teman pria idaman lain (PIL), 14 April 2021 lalu. 

RSF sebelumnya buron dua tahun dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak kasus itu dilaporkan mertuanya Farizal Indra (62) warga Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus pada 2018 lalu. 

Akibat perbuatan RSF, korban yang tak lain mertuanya sendiri mengalami kerugian hingga sebesar Rp1 miliar. Diketahui, RSF sudah digugat cerai oleh suaminya di Pengadilan Agama Kota Agung.

Kasatreskrim Polres Tanggamus Iptu Ramon Zamora mengungkapkan, pencurian yang dilakukan RSF terjadi pada Juli 2015 di Jalan Ir Juanda Pekon Terbaya. Barang yang dilaporkan dicuri antara lain BPKB mobil Toyota Avanza dan sertifikat tanah.

“BPKB tersebut diagunkan oleh pelaku ke lising di Telukbetung, Bandarlampung. Pada 2017 tersangka kembali mengambil dua sertifikat rumah milik korban masing-masing sertifikat rumah di perumahan BKP Blok V No 251 Kemiling Bandarlampung dan Blok J No 79 Kemiling Bandarlampung. Dua sertifikat tersebut saat ini telah berpindah tangan (kepemilikan) atas nama orang lain,” katanya, Minggu (18/4/2021).

Pada 29 oktober 2018 korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tanggamus. Total kerugian korban ditaksir sekitar Rp1 miliar.

“Tersangka RSF dijerat dengan Pasal 367 jucnto Pasal 362. Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki