Gaji Januari Tak Turun, Satpol PP dan Damkar di Tulang Bawang Barat Datangi Kantor Sekdakab

Jimi Irawan ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 01:00 WIB
Gaji Januari Tak Turun, Satpol PP dan Damkar di Tulang Bawang Barat Datangi Kantor Sekdakab
Ratusan petugas Satpol PP dan Damkar Tubaba, Lampung datangi kantor Sekda lantaran gaji Januari belum terbayar. (Foto: iNews/Jimi Irawan)

TULANG BAWANG BARAT, iNews.id - Ratusan petugas Satpol-PP dan pemadam kebakaran (damkar) Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung, berdemo di Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab). Mereka mempertanyakan gaji dan tunjangan bulan Januari 2019 yang belum dibayar.

Sebanyak 324 petugas Satpol PP dan Damkar mendatangi kantor Sekdakab, Senin (9/12/2019) pagi. Mereka ingin minta kejelasan satu bulan gaji dan tunjangan yang belum terbayarkan.

Sayangnya para petugas tersebut tidak dapat berjumpa dengan pimpinan Sekdakab, Herwan Sahri dan hanya diwakilkan kepada beberapa petugas.

Salah satu petugas Satpol-PP, Rodiyanto mengatakan penyebab belum terbayarkan satu bulan gaji mereka karena uang gaji Satpol-PP dan Damkar senilai Rp355 juta dirampok seusai dicairkan Bendahara Satpol-PP, Manaf dari Bank Lampung setempat. Perampokan ini terjadi pada bulan Februari 2019.

Akibat raibnya uang tersebut, gaji dan tunjangan seluruh petugas Satpol-PP dan Damkar bulan Januari belum terbayarkan hingga kini. Mereka berharap uang tersebut akan turun sebelum akhir tahun.

“Petugas Sekda mengatakan kepada kami, bukan pemerintah daerah tidak ada upaya, tapi kalau gaji ini dianggarkan, maka akan menyalahi aturan,” katanya menirukan.

Sementara Kepala Satpol-PP, Sujatmiko mengatakan raibnya gaji tersebut merupakan kelalaian bendahara. Berdasarkan kajian peraturan oleh Inspektorat setempat, bendaharalah yang akan mengganti gaji tersebut dengan pemotongan gaji setiap bulan.

Uang tersebut nantinya akan masuk di kas daerah. Namun dia tidak dapat memastikan apakah gaji tersebut akan terbayarkan hingga akhir bulan Desember mendatang.

“Kalau itu (gaji dibayarkan sebelum akhir tahun) belum tahu saya, ga paham,” katanya.

Jumlah keseluruhan petugas Satpol PP yang belum menerima gaji dan tunjangan bulan Januari sebanyak 244 orang, sementara petugas Damkar sebanyak 80 orang. Pascaterjadinya perampokan gaji tersebut, akhirnya Satpol-PP membayar gaji dengan cara transfer guna menghindari terjadinya kembali hal serupa.


Editor : Umaya Khusniah