Gempa Banten M 5,5, Warga Pandeglang Mengira Erupsi Gunung Anak Krakatau

Iskandar Nasution ยท Jumat, 04 Februari 2022 - 20:15:00 WIB
Gempa Banten M 5,5, Warga Pandeglang Mengira Erupsi Gunung Anak Krakatau
Gempa Banten M 5,5 membuat panik warga dan pengunjung Pantai Carita, Pandeglang, Jumat (4/2/2022). (Foto: iNews TV/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG, iNews.id - Gempa bumi dengan Magnitudo 5,5 yang mengguncang wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (4/2/202) membuat panik warga dan pengunjung Pantai Carita, Pandeglang.

Wisatawan yang berada di pinggir pantai sempat khawatir gempa menciptakan gelombang tsunami. Warga sekitar pantai juga tampak memantau pergerakan air laut karena dikhawatirkan akan terjadi kenaikan air laut. 

Warga pesisir pantai sempat mengira gempa berasal dari Gunung Anak Krakatau yang dalam dua hari terakhir terus erupsi. “Getaran gempanya sangat terasa. Kami sempat panik,” kata pengunjung Pantai Carita, Jarot. 

Anggota Polsek Panggarangan, Briptu Purwanto mengatakan, kondisi air laut di kawasan Pantai Carita aman. “Terpantau aman. Tidak ada tsunami,” ucapnya.

Berdasarkan laporan BMKG gempa magnitudo 5,5 dengan titik pusat gempa 71  kilometer barat daya Baya, Banten dengan titik koordinat 7.48 lintang selatan (LS) dan 105.92 bujur timur. Getaran gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: