Jasad Penyelam Diduga Bos Wuling Ditemukan di Bulu Babi Pesisir Barat Lampung

Andres Afandi ยท Senin, 11 November 2019 - 13:35 WIB
Jasad Penyelam Diduga Bos Wuling Ditemukan di Bulu Babi Pesisir Barat Lampung
Tim Basarnas mengevakuasi salah satu penyelam WNA China yang hilang sejak Minggu, 3 November 2019 di perairan laut Pesisir Barat Lampung, Senin (11/11/2019). Korban diduga Bos PT Wuling Motor. (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDAR LAMPUNG, iNews.id – Jenazah penyelam Warga Negara Asing (WNA) asal China, yang hilang di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, ditemukan di wilayah Bulu Babi, perairan laut Pesisir Barat Lampung, Senin (11/11/2019). Jasad yang ditemukan lengkap dengan alat selam itu diduga bos PT Wuling Motor, Tan Xue Tao.

Informasi diperoleh dari tim Basarnas, jasad penyelam WNA ini pertama kali ditemukan nelayan setempat, Senin pagi, sekitar pukul 06.15 WIB. Posisi korban berada 8 mil laut dari Pantai Pelabuhan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Tim Basarnas kemudian mengevakuasi jasad korban ke Puskesmas Kecamatan Bengkunat.

Sebelumnya, tujuh wisatawan China melakukan penyelaman di perairan Pulau Sangiang pada Minggu, 4 November 2019 lalu. Mereka berangkat dari Pantai Mabak sekitar pukul 13.30 WIB. Rombongan ini sampai di perairan Pulau Sangiang sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung melakukan penyelaman.

Penyelam dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama muncul ke permukaan laut sekitar pukul 14.45 WIB. Tim kedua sempat muncul, kemudian masuk ke air lagi dan tidak muncul kembali. Dugaan sementara, turis asal China itu terseret arus bawa laut.

Dari tujuh penyelam WNA, tiga penyelam dinyatakan hilang, yaitu atas nama Tan Xue Tao dari PT Wuling Motor, Tian Yu dari PT China-Indonesia, kemudian Wang Bing dari PT Morowali Industry Aico. Berdasarkan informasi dari lokasi penemuan, jasad korban yang belum diketahui identitasnya itu diduga salah satu dari ketiga korban yang hilang, yakni Bos PT Wuling Motor.

Hingga saat ini petugas Basarnas masih terus melakukan pencarian penyelam lainnya hingga ke perairan laut Lampung. Sementara jasad korban masih di Puskesmas Kecamatan Bengkunat.

Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin sebelumnya mengatakan, Basarnas pertama kali mendapat laporan mengenai tiga korban yang hilang dari salah seorang rekan mereka, You Shi Jie, Minggu (4/11/2019) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

“Ketiga penyelam yang merupakan WNA dari China, hilang pada saat melakukan penyelaman di perairan Pulau Sangiang,” ujar Zaenal Arifin.

Menurut You Shi Jie, ketiga korban menyelam di perairan Pulau Sangiang bersama tiga orang rekannya yang lain, yakni You Shi Jie, Xu Jun, dan Che Yin Xing. Sementara satu rekan mereka, Yang Lixiang, hanya melakukan snorkeling.

Empat rekan korban belakangan mengetahui tiga rekan mereka belum juga muncul ke permukaan. Mereka kemudian berusaha melakukan pencarian di sekitar lokasi penyelaman. Namun, hingga Minggu malam, ketiga korban tidak ditemukan. Kejadian itu akhirnya dilaporkan ke Basarnas.


Editor : Maria Christina