Jelang Nataru, Basarnas Gelar Latihan di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Heri Fulistiawan ยท Sabtu, 21 Desember 2019 - 19:20 WIB
Jelang Nataru, Basarnas Gelar Latihan di Pelabuhan Bakauheni Lampung
Latihan Basarnas di Pelauhan Bakauheni, Sabtu (21/12/2019). (Foto: iNews/ Heri)

LAMPUNG, iNews.id - Basarnas menggelar latihan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Basarnas menyiagakan tiga kapal hingga satu helikopter untuk mengantisipasi sibuknya arus lalu lintas di pelabuhan.

Dalam latihan, Basarnas memamerkan tiga kapal dan helikopter yang akan terus disiagakan. Kepala Basarnas Marsdya Bagus Purhito memantau langsung latihan tersebut.

Lalu lintas penyeberangan pelabuhan menjadi fokus dari perlatihan Basarnas kali ini. Selain itu, Basarnas juga mengatisipasi bencana akibat hujan dan angin kencang pada akhir tahun ini.

"Di Bakauheni kita menyiapkan tiga kapal, kelas 40, cukup berat. Untuk menampakkan pengamanan di Selat Sunda. Kami juga menyiagakan helikopter," kata Agus, Sabtu (21/12/2019).

Pelabuhan Bakauheni dipilih menjadi tempat latihan karena lokasinya yang sangat strategis. Pelabuhan tersebut dekat dengan jalur tol, yang pengendaranya berasal dari berbagai wilayah.

"Ini penyimpangan darat, dan tol kemudian mobil besar. Tentunya didukung SAR dari Pemda, dan LSM lainnya, jadi akan lancar," kata Agus.

Sementara itu, di Pelabuhan Merak jumlah penumpang kapal laut menuju Pulau Sumatera hingga 20 persen atau setara setara 7.835 orang dibanding tahun 2018.

Namun untuk kendaraan truk, belum ada kenaikan yang signifikan. Pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini, PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Merak telah mengoperasikan 32 unit kapal per hari dan enam dermaga untuk mengangkut penumpang pada libur Nataru.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq