Kecelakaan Turun 17 Persen, Ini Hasil Operasi Keselamatan Krakatau 2022

Antara ยท Senin, 21 Maret 2022 - 18:44:00 WIB
Kecelakaan Turun 17 Persen, Ini Hasil Operasi Keselamatan Krakatau 2022
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. (ANTARA/HO)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Angka kecelakaan di wilayah hukum Polda Lampung diklaim turun 17 persen. Hal ini diketahui dari hasil operasi Keselamatan Krakatau 2022.

Kabid humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, operasi ini digelar 14 hari dari awal Maret hingga 14 Maret 2022.

"Operasi ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan berlalu lintas, menurutnya angka kecelakaan lalu lintas berhasil diturunkan," kata Pandra, Senin (21/3/2022).

Pandra menambahkan, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas sebelum dan dibandingkan setelah pelaksanaan operasi, turun 17 persen.

"Angka korban yang meninggal dunia turun 57 persen. Luka berat naik 0,3 persen, luka ringan turun 25 persen," kata dia.

Selain itu kerugian material turun sebesar 43 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selama Operasi Keselamatan Krakatau 2022 digelar, petugas di lapangan lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan edukatif, persuasif simpatik dan humanis.

"Kemudian dalam pelaksanaan operasi ini, kami tidak melaksanakan penegakan hukum seperti tilang, namun demikian kami lakukan upaya pencegahan berupa teguran yang sifatnya edukatif kepada masyarakat, simpatik kepada masyarakat," katanya.

Dalam kegiatan operasi keselamatan Krakatau 2022 ini, petugas di lapangan melaksanakan kegiatan preemtif seperti pembagian masker, penerapan prokes. Sedangkan, untuk preventif kita melaksanakan imbauan-imbauan, patroli kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel: