Mantan Bupati dari Kader PDIP Lampung Diminta Nyaleg di Pemilu 2024

Ira Widyanti ยท Selasa, 24 Januari 2023 - 12:29:00 WIB
Mantan Bupati dari Kader PDIP Lampung Diminta Nyaleg di Pemilu 2024
Ketua DPD PDIP Lampung Sudin (Ira Widyanti/MNC Portal)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Mantan Bupati dari Kader Partai Demkorasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Lampung diminta untuk nyaleg di pemilihan legislatif (pileg) 2024. Ada beberapa mantan bupati yang disarankan untuk maju.

Mereka yakni Mantan Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad dan Mantan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, kemudian Bupati Tulang Bawang Winarti yang sebentar lagi habis masa jabatannya.

Ketua DPD PDIP Lampung Sudin mengatakan, instruksi dari DPP PDIP tersebut untuk menghadapi Pilkada serentak  November 2024 mendatang.

"Tujuannya agar elektabilitas partai maupun politikus yang juga eks kepala daerah tersebut tetap terjaga, sambil menunggu Pilkada 2024 nantinya berlangsung," kata Sudin di Kantor DPD PDIP Lampung, Selasa (24/1/2023). 

Anggota DPR RI Dapil I Lampung ini menambahkan, ketiganya diminta untuk mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Lampung atau di tingkat Provinsi.

"Saya sarankan nyaleg di tingkat Provinsi tujuannya, agar fokus di wilayahnya, toh nanti juga mau maju Pilkada," kata Sudin. 

Sudin melanjutkan, terdapat pengecualian untuk Kepala Daerah berstatus wakil Bupati,  yakni A.M Syafii yang merupakan Wakil Bupati Tanggamus. 

Menurut Sudin, Syafii tak harus mencalonkan diri di tingkat provinsi, namun cukup mencalonkan diri pada DPRD tingkat Kabupaten/kota.

Hal tersebut, kata Sudin, dikarenakan Kepala Daerah yang demisioner bakal vakum cukup lama, bahkan hingga dua tahun ke depan.

"Kalau Wabup Tanggamus mau nyalon di Kabupaten/kota monggo," kata dia.

Kontributor : Ira Widyanti

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel: