Merasa Dicurangi, DPD Perindo Lampung Tengah Akan Tempuh Jalur Hukum

Roy M Perleoli ยท Selasa, 30 April 2019 - 22:38 WIB
Merasa Dicurangi, DPD Perindo Lampung Tengah Akan Tempuh Jalur Hukum
DPD Partai Perindo Lampung Tengah akan menempuh jalur hukum terkait indikasi kecurangan dalam penghitungan suara Pemilu 2019 di Lampung Tengah. (Foto: Dok.iNews.id)

LAMPUNG TENGAH, iNews.id - DPD Partai Perindo Lampung Tengah menemukan indikasi kecurangan penggelembungan suara ke salah satu partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019.

Indikasi penggelembungan suara itu terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di KPU Lampung Tengah. Rapat pleno tersebut juga berlangsung panas dan kerap terjadi interupsi dari pengurus partai politik.

Ketua DPD Partai Perindo Lampung Tengah, Habibi mengatakan, indikasi kecurangan berupa penggelembungan suara dan pengalihan suara dari parpol ke parpol lain, suara caleg ke caleg lain, serta adanya penghilangan suara caleg itu ditemukan di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kalirejo.

“Setelah kami minta surat C-pleno, kami menemukan ada banyak kejanggalan. Suara kami (Perindo)  banyak yang hilang. Dugaan kami, kecurangan ini juga terjadi menyeluruh di semua TPS yang berjumlah 3.953 unit,” katanya. , Selasa (30/4/2019).

Untuk membuktikan dugaan tersebut, kata dia, Partai Perindo meminta KPU untuk membuka surat C- pleno dan menggelar penghitungan ulang surat suara di beberapa TPS yang diindikasikan terjadi penggelembungan suara.

Tak hanya itu, Habibi juga berencana menempuh ke jalur hukum. Dia juga mengaku sudah melayangkan surat ke KPU dan ditembuskan ke Bawaslu dan kepolisian. “Ya, kita akan tempuh jalur hukum,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki