MNC Peduli-RS Pertamina Bintang Amin Gelar Operasi Bibir Sumbing

MNC Media · Jumat, 28 Desember 2018 - 16:52:00 WIB
MNC Peduli-RS Pertamina Bintang Amin Gelar Operasi Bibir Sumbing
MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Pertamina Bintang Amin Lampung, menyelenggarakan bakti sosial operasi bibir sumbing bertajuk “Senyum Indonesia” bagi masyarakat yang membutuhkan. (Foto: MNC Media)

LAMPUNG, iNews.id – MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih kembali menyelenggarakan bakti sosial operasi bibir sumbing bertajuk “Senyum Indonesia” bagi masyarakat yang membutuhkan. Bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Pertamina Bintang Amin Lampung, pada kegiatan kali ini, 42 peserta mendapatkan operasi bibir sumbing secara gratis.

Peserta baksos berasal dari Kota Bandar Lampung dan beberapa kabupaten di sekitarnya yang berusia balita, anak-anak hingga remaja, baik yang menderita sumbing bibir maupun sumbing langit-langit mulut.

Seluruh pasien mendapatkan pemeriksaan secara medis terlebih dahulu pada H-1 sebelum operasi. Adapun operasi dilakukan pada tanggal 19-20 Desember 2018, dan untuk jadwal operasi berikutnya akan dilakukan secara bertahap oleh pihak RS Pertamina Bintang Amin Lampung.

Masyarakat yang ingin mendaftar dalam program “Senyum Indonesia” MNC Peduli dapat langsung menghubungi pihak rumah sakit.


Presiden Direktur PT Bintang Amin Husada, Dr H Muhammad Kadafi SH MH mewakili RS Pertamina Bintang Amin mengapresiasi kerja sama dengan MNC Peduli yang sudah dilakukan sejak tahun 2012.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan MNC Peduli dalam kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing karena bisa menyentuh masyarakat yang kurang mampu. Ini menjadi suatu harapan bagi seluruh masyarakat provinsi Lampung pada khususnya agar bisa mendapatkan bantuan serta manfaat yang positif,” ujarnya di Lampung pada Kamis (20/12/2018).

Pihaknya juga berharap agar program MNC Peduli ini semakin maju dan bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat di penjuru Indonesia.

Ketua III MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan, kegiatan baksos ini menunjukkan MNC Peduli konsisten membantu pasien-pasien sumbing dalam program “Senyum Indonesia”. Komitmen ini terlaksana berkat kerja sama dengan beberapa rumah sakit di beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah dengan RS Pertamina Bintang Amin di Lampung ini.


“Untuk periode tahun 2018 ini, hingga akhir Desember diperkirakan sekitar 300 pasien sumbing yang telah dioperasi. Sedangkan dari awal program ini berjalan yaitu pertengahan tahun 2014, telah mencapai sekitar 4.700 pasien sumbing, baik sumbing bibir maupun sumbing langit-langit mulut. Semoga pasien dan keluarga yang dibantu, dapat lebih percaya diri lagi dalam bersosialisasi di masyarakat dan beraktivitas lebih normal," ujar Jessica.

Handayani, salah satu orang tua pasien yang berasal dari Teluk Betung Sukaraja mengaku terbantu dengan adanya baksos ini. “Saya bersyukur atas bantuan operasi dari MNC Peduli dan RS Bintang Amin Lampung untuk putri saya yang masih berusia lima bulan,” ujarnya.

Sepanjang tahun 2018 ini MNC Peduli juga telah melaksanakan bakti sosial selain sumbing seperti  hernia, pemberian alat bantu kesehatan dan pengobatan lainnya. Adapun kegiatan sumbing terlaksana di beberapa daerah di antaranya Kebumen, Medan, Tasikmalaya, Semarang, Purwakarta, Karawang, NTB, Cirebon, Jambi dan Jakarta.

Hingga menjelang akhir tahun 2018, jumlah pasien yang telah menerima bantuan MNC Peduli adalah sebanyak 676.338 pasien, yang terdiri dari 12.557 pasien regular/perorangan termasuk penerima bantuan alat bantu kesehatan, 664.694 pasien pengobatan baksos umum dan 1.087 penerima kacamata baca.

Kegiatan pengobatan ini terselenggara, salah satunya berkat bantuan para pemirsa yang telah ikut berdonasi. Dan bagi masyarakat yang ingin turut mendonasikan sebagian dananya, dapat menyalurkan ke rekening bank atas nama: Yayasan Jalinan Kasih melalui: MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

Editor : Himas Puspito Putra

Bagikan Artikel: