Mudik Lebih Awal, Pelabuhan Bakauheni Kedatangan Ribuan Pemudik dari Jawa

Heri Fulistiawan · Senin, 03 Mei 2021 - 06:40:00 WIB
Mudik Lebih Awal, Pelabuhan Bakauheni Kedatangan Ribuan Pemudik dari Jawa
Kendaraan pemudik meninggalkan Pelabuhan Bakauheni menuju Jalan Lintas Sumatera. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG SELATAN, iNews.id - Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai padat oleh kedatangan pemudik dari Pulau Jawa yang akan menuju berbagai kota di Pulau Sumatera. Mereka memilih mudik lebih awal menghindari larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang.

Sejak Sabtu (1/5/2021), kendaraan pemudik mulai ramai di Pelabuhan Bakauheni. Kendaraan juga tampak memenuhi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Trans Sumatera.

Sejumlah pemudik mengaku memilih pulang ke kampung halaman lebih awal. 

Selain untuk menghindari larangan mudik, juga karena sudah rindu kampung halaman lantaran tahun lalu tidak bisa mudik akibat pandemi Covid-19.

"Karena ada larangan mudik jadi memilih lebih awal saja supaya bisa pulang," tutur Andre, pemudik asal Jakarta yang menggunakan mobil, Minggu (2/5/2021).

Lia, pemudik yang menggunakan motor mengaku tak masalah dengan adanya larangan mudik. Dia mengaku pasrah dengan larangan tersebut dan memilih lebih awal mudik untuk bisa pulang ke rumah.

"Ya gak masalah kalau dilarang. Ikut saja," tuturnya.

Menjelang larangan mudik yang akan dimulai pada 6 Mei mendatang, diprediksi kedatangan pemudik dari Pulau Jawa maupun Pulau Sumatera ke Pelabuhan Bakauheni akan terus meningkat.

Editor : Reza Yunanto