Penumpang Kapal Tujuan Merak-Bakauheni Keluhkan Biaya Tes Genose

Iskandar Nasution ยท Sabtu, 01 Mei 2021 - 12:56:00 WIB
Penumpang Kapal Tujuan Merak-Bakauheni Keluhkan Biaya Tes Genose
Penumpang di Pelabuhan Merak mengikuti tes genose

MERAK, iNews.id - Pelabuhan Merak mulai dipadati pengunjung baik yang bertujuan mudik ke kampung halaman, maupun urusan pekerjaan. Kebanyakan dari mereka mulai mengeluhkan biaya tes genose yang menelan biaya Rp40.000 bagi satu orang penumpang kapal.

Salah satu penumpang kapal, yang merupakan supir travel, Okta, yang dalam sepekan bisa tiga kali bolak-balik Tangerang-Lampung, termasuk kalangan yang mengeluhkan biaya tes genose. Sebab dengan adanya biaya genose, membebani biaya perjalanannya.

"Saya tidak mudik tetapi sering mondar-mandir dari Tangerang-Lampung. Bisa tiga kali seminggu saya bolak-balik. Kalau bisa tes genose ini dihilangkan saja atau digratiskan," kata Okta, di Merak, Sabtu (1/5/2021).

Ketentuan tes genose diberlakukan dalam rangka untuk menekan penularan Covid-19. Para penumpang harus mengikuti tes genose dengan hasil negatif sebelum menyeberang. Mereka yang hampir setiap minggu selalu menggunakan jasa penyeberangan ini tentu merasakan beban biaya. Apalagi hasil tes genose hanya berlaku selama 1x 24 jam.

Okta mengisahkan, sebagai seorang sopir travel, lantaran dirinya harus melakukan tes genose setiap ingin berangkat harus memangkas biaya uang makan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepadanya. Dampaknya biaya selama di perjalanan habis hanya untuk melakukan tes genose sebesar Rp40.000 untuk satu kali tes.

Editor : Erwin Sihombing