Penumpang Melonjak 400 Persen, ASDP Operasikan 33 Kapal Roro

Heri Fulistiawan · Minggu, 24 Desember 2017 - 18:55:00 WIB
Penumpang Melonjak 400 Persen, ASDP Operasikan 33 Kapal Roro
Petugas loket bekerja ekstra cepat untuk menghindari antrean panjang penumpang di Pelabuhan Bakauheni Lampung. (Foto:iNews/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG, iNews.id – Penumpang pejalan kaki yang hendak berlibur ke Pulau Jawa pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 mulai terlihat di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Petugas loket bekerja ekstra cepat untuk menghindari antrean panjang.

General Manager ASDP Bakauheni, Anton Murdianto mengatakan, terhitung sejak pagi sebanyak 3.000 lembar tiket sudah habis terjual. Diperkirakan hingga nanti malam penumpang pejalan kaki semakin membeludak.

Dia menuturkan, berdasarkan data ASDP, sejak Minggu (24/12/2017) pukul 00.00 WIB peningkatan penumpang kapal di Pelabuhan Bakauheni telah mencapai 400 persen.

“Biasanya ASDP dan gabungan pengusaha kapal (Gapasdap) hanya mampu menyeberangkan penumpang pejalan kaki maksimal 1.500 orang per hari, kini mencapai 6.000 orang,” ujar Anton, Minggu sore.

Menghindari antrean yang lebih panjang, kata dia, ASDP dan Gapasdap menambah jumlah kapal roro ukuran besar dari 30 unit per hari jadi 33 unit kapal dengan menggunakan tujuh dermaga yang saat ini dalam kondisi prima.

“Kami menambah jumlah kapal untuk menghindari penumpukan dan antrean yang lebih panjang di gate way,” ujarnya.

Anton menambahkan, melihat kondisi cuaca yang bersahabat, dipastikan keberangkatan calon penumpang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Meski demikian, dia mengimbau kepada para nakhoda lebih mengutamakan keselamatan ribuan penumpang.

“Prakiraan cuaca hari ini cukup normal dengan kecepatan angin 28 knot dan tinggi gelombang maksimal satu meter sangat memungkinkan pelayaran di Selat Sunda berjalan sesuai jadwal,” kata dia.

Editor : Dony Aprian

Bagikan Artikel: