Peras ASN hingga Rp14 Juta, Oknum Wartawan di Lampung Ditangkap Polisi

Andres Afandi ยท Minggu, 12 September 2021 - 10:48:00 WIB
Peras ASN hingga Rp14 Juta, Oknum Wartawan di Lampung Ditangkap Polisi
Oknum wartawan di Bandarlampung ditangkap polisi karena peras ASN Rp14 juta (Andres Afandi/MNC Portal)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Seorang oknum wartawan di Bandarlampung ditangkap polisi. Pasalnya, pria berinisial ZN (32) warga Pasewaran itu nekat memeras Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Pasewaran senilai Rp14 juta.

Kapolsek Tanjung Senang, Ipda Rosali mengatakan, dalam aksinya, pelaku ZN mengaku sebagai wartawan media online dan mengancam akan menaikan berita perihal biaya pembuatan surat nikah yang diurus oleh korban.

Rosali menambahkan, pelaku ditangkap pada Sabtu malam (11/9/2021) di sebuah rumah makan kawasan Tanjung Senang, Bandarlampung.

"Aksi pemerasan yang dilakukan pelaku ini dilaporkan korban yang resah karena kerap diteror, bahkan pelaku kerap kali mendatangi rumah korban," kata Rosali, Minggu (12/9/2021).

Rosali menambahkan, pelaku juga melakukan pengancaman ke korban dan keluarganya. Lantaran tak tahan, korban kemudian melapor ke polisi. Berbekal laporan itu, polisi bergerak dan menangkap pelaku.

"Pelaku tak berkutik saat kami tangkap. Saat itu, dia sedang memeras dengan meminta uang imbalan sejumlah Rp14 juta," kata dia.

Bersama pelaku, polisi menyita barang bukti uang Rp14 juta yang diminta oleh pelaku kepada korban.

"Kami masih menyelidiki dugaan adanya tersangka lain dalam kasus pemerasan ini," kata Rosalia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang Tindak Pidana Pemerasan dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto