Polda Lampung Ungkap Jaringan Suap Penerimaan CPNS, 4 Orang Ditangkap

Andres Afandi · Selasa, 26 April 2022 - 14:45:00 WIB
 Polda Lampung Ungkap Jaringan Suap Penerimaan CPNS, 4 Orang Ditangkap
Ilustrasi tes CPNS (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Subdit V Cybercrime Polda Lampung mengungkap jaringan kasus dugaan korupsi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021. Keempat pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian.

"Empat orang diamankan dan ditetapkan jadi tersangka. Saat beraksi, mereka mempunyai peran berbeda," kata Dirkrimsus Polda Lampung, Kombes Pol Arie Rachman Nafarin, Selasa (26/4/2022).

Dia menambahkan, keempat pelaku yakni IN, RA, AL dan MR. Salah satu tersangka diketahui pegawai honorer di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Lampung.

"Dari hasil keterangan para tersangka, ada 58 calon yang mengikuti tes CPNS membayar jaringan ini dengan biaya Rp300 juta per satu orang," kata dia.,

Arie melanjutkan, modus yang digunakan yakni dengan menggunakan aplikasi remote yang telah terpasang di setiap unit komputer yang akan digunakan para peserta yang telah membayar.

"Saat ini polisi masih terus mengembangkan kasus ini karena diduga masih ada para pelaku lannya," katanya.

Atas perbuatannya, para tersangka akan dijerat dengan Pasal 30 ayat 1/Pasal 32 ayat 1/Pasal 34 ayat 1 UU ITE perubahan Nomor 19 tahun 2016 dan Pasal 55 dan 56 KUHPN dengan ancaman penjara 10 tahun.

"Untuk para calon pegawai negeri sipil yang telah dinyatakan diterima didiskualifikasi dan tidak akan diperbolehkan lagi untuk mengikuti tes selanjutnya," tutupnya.

dari bandar lampung  inews melaporkan//

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: