Polisi Tangkap 2 Pembobol Rumah di Bandarlampung, Target Pelaku yang Ditinggal Penghuni Berhari-hari

Antara · Rabu, 04 Desember 2019 - 15:25 WIB
Polisi Tangkap 2 Pembobol Rumah di Bandarlampung, Target Pelaku yang Ditinggal Penghuni Berhari-hari
Ilustrasi maling rumah. (Foto: AFP).

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Polsek Kedaton menangkap pencuri spesialis rumah kosong di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Pelaku berjumlah dua orang yang saling bekerja sama, satu eksekutor dan satu lagi yang memantau kondisi di luar.

Kapolsek Kedaton, Kompol Daud mengatakan, kedua pelaku yakni BP (20) warga Gunung Sulah Way Halim dan MA (24) warga Kampung Sawah Bandarlampung. Aksi mereka terungkap setelah membobol rumah warga di Jalan Pagaralam pada 27 November 2019 lalu.

"Di kasus ini pelaku MA (24) berperan sebagai esekutor yang mengambil barang di dalam rumah, sedangkan pelaku BP (20) bertugas memantau situasi di luar rumah," kata Daud di Kota Bandarlampung, Rabu (4/12/2019).

Hasil curian para pelaku yang kemudian diamankan polisi antara lain, satu unit kulkas, TV, mesin cuci, dan tabung gas tiga kilogram dan kipas angin. Diduga masih ada barang-barang lain yang diambil pelaku, namun sudah dijual atau berpindah tangan.

Saat ini, lanjutnya, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan secara intensif kepada kedua pelaku, untuk mengetahui apakah masih tempat kejadian perkara (TKP) lain yang menjadi korban mereka. Rumah yang menjadi target pelaku saat penghuni pergi berhari-hari.

"Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya warga wilayah Kedaton, apabila pernah menjadi korban pencurian di rumahnya bisa langsung mendatangi Polsek Kedaton untuk kita konfrontir kepada kedua pelaku," ujar dia.

Akibat perbuatannya kedua pelaku tersebut dijerat dengan Pasal 363 KUHP pidana dengan ancaman hukuman penjara selama empat tahun.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal