Polri Pastikan Pengamanan Ekstra di Pelabuhan Bakauheni

Heri Fulistiawan ยท Sabtu, 21 Desember 2019 - 17:32:00 WIB
Polri Pastikan Pengamanan Ekstra di Pelabuhan Bakauheni
Personel polisi dari Polda Lampung, Sabtu (21/12/2019) (Foto: iNews/ Hari Fulistiawan)

LAMPUNG, iNews.id - Kepala Badan Pemelihara Keamana (Kabaharkam) Polri Irjen Agus Andrianto melakukan pengecekan keamanan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Agus memastikan jajaranya telah menyiapkan pengemanan ekstra untuk menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebanyak 4.000 personel dari Polda Lampung disiagakan untuk melakukan kegiatan pengamanan. Agus berharap warga bisa menjalankan aktivitas selama Nataru dengan keadaan kondosif.

"Harapannya pengguna jalan bisa mendapatkan pelayanan, baik untuk merayakan Natal dan kegiatan mengisi liburan dengan wisata," kata Agus di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu(21/12/2019).

Adanya Jalan Tol Trans Sumatera dan 16 exit tol yang ada membutuhkan perhatian khusus. Agus memastikan jajarannya siap untuk mencegah kemungkinan potensi keamanan yang terjadi.

"Mudah-mudahan antisipasi di Bandar Lampung, berjalan cukup baik," ucap Agus.

Kabarhkam Polri Irrjan Agus Andrianto (Foto: iNews/ Hari Fulistiawan)
Kabarhkam Polri Irrjan Agus Andrianto (Foto: iNews/ Hari Fulistiawan)

Sementara itu, sejumlah daerah lainnya juga terus meningkatkan pengamanan jelang libur Nataru. Polri melaksanakan operasi Lilin Jaya yang digelar selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020. Polisi menerjunkan 191.807 personel gabungan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengamankan perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2020.

Personel pengamanan gabungan itu terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, dan 54.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Pemadam Kebakaran.

Operasi ini digelar untuk memastikan perayaan Natal dan tahun baru 2020 terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Pengamanan akan terpusat di 61.308 titik di seluruh Indonesia yang terdiri dari objek wisata, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, dan pusat keramaian lainnya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq