Punya Tumor di Kaki, Begini Cerita Pilu Petani Kopi di Pesisir Barat Lampung

Enrico Ngantung ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 00:20:00 WIB
Punya Tumor di Kaki, Begini Cerita Pilu Petani Kopi di Pesisir Barat Lampung
Seorang warga di Pesisir Barat terkena tumor ganas. (Foto: iNews/Enrico Ngatung).

PESISIR BARAT, iNews.id - Seorang petani kopi di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, tak bisa lagi bekerja sebagai tulang punggung keluarga. Dia tak bisa lagi berjalan karena serangan tumor ganas di kaki kanannya.

Warga tersebut, Yudi (50), warga Dusun Kayulana, Pekon, Desa Pemancar, Kecamatan Pesisir Utara. Bapak tiga anak ini tak mampu lagi bekerja untuk menafkahi keluarga.

"Dulu rumah sakit sudah menganjurkan kaki saya diamputasi tapi saya tolak. Tapi sekarang tumornya semakin ganas, jadi benar-benar tidak bisa bekerja," kata Yudi di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Jumat (19/2/2021).

Dia mengaku, telah mengantongi Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI). Meski untuk keperluan berobat gratis, namun dia tetap butuh biaya untuk ongkosnya.

"Saya sangat berharap ada yang mau membantu kami sekeluarga, sekadar meringankan beban kami," ujar dia.

Tumor telah menyerang kaki kanan Yudi sejak 17 tahun silam. Namun, selama kurun waktu itu Yudi memaksa dirinya tetap bekerja di kebun kopi. 

Dia menggunakan tongkat buatan sendiri yang terbuat dari kayu untuk bekerja. Namun memasuki Januari 2021, tumornya semakin membesar dan membuatnya mengeluhkan sakit.

"Sampe kurus badan saya karena kurang tidur. Bahkan pada cuaca sepanas ini, kaki saya ini sangat dingin dan perih," katanya.

Kondisi Yudi saat ini berdampak pada kondisi keluarganya. Putra pertamanya, Sunoto (17) kini putus sekolah. Dia memilih jadi buruh serabutan untuk membantu keluarga.

"Kadang saya ngojek, biar bisa membantu makan keluarga," ujar Sunoto.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal