Status Gunung Anak Krakatau Siaga, Warga Diimbau Jauhi Radius 5 KM

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 08:21 WIB
Status Gunung Anak Krakatau Siaga, Warga Diimbau Jauhi Radius 5 KM
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau erupsi. (Foto: Istimewa).

LAMPUNG SELATAN, iNews.id - Dari hasil pemantauan terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau di gugusan pulau kawasan perairan Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, gempa tremor terjadi terus menerus dengan amplitudo 8-32 mm, dominan 25 mm.

Dari laporan yang diterima iNews dari Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung, pengamatan dilakukan pada Kamis (27/12/2018) sejak 00.00 - 06.00 WIB. Kondisi visual gunung kabut 0-III, asap kawah tidak teramati.

BACA JUGA: Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau Turun di Banten, Begini Imbauan BNPB

"Terdengar juga suara dentuman di pos PGA (pengamatan gunung api)," kata Windi dalam laporannya yang diambil dari data Stasiun Sertung.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III, atau siaga. Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas atau mendekati kawasan tersebut dalam radius 5 kilometer dari kawah.

BACA JUGA: BNPB Paparkan Kondisi Gunung Anak Krakatau dari Satelit Jepang

Sementara ini, cuaca di sana terpantau mendung dan hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Sedangkan suhu udara 24-26 derajat celsius, lalu kelembaban udara berkisar 91-96 persen. Volume curah hujan, disebutkan tidak tercatat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal