Tim Gabungan BKSDA-Polda Lampung Gagalkan Penyelundupan Ribuan Burung

Andres Afandi ยท Senin, 06 September 2021 - 17:51:00 WIB
Tim Gabungan BKSDA-Polda Lampung Gagalkan Penyelundupan Ribuan Burung
Tim gabungan BKSDA-Polda Lampung menggagalkan penyelundupan ribuan burung berbagai jenis. (Foto: MNC Portal/Andres Afandi)

LAMPUNG, iNews.id - Tim gabungan BKSDA wilayah Lampung-Bengkulu bersama Polda Lampung dan Protecting Indonesia's Bird menggagalkan upaya penyelundupan ribuan burung berbagai jenis, Senin (6/9/2021). 

Ribuan burung dilindungi itu rencananya dikirim ke Pulau Jawa dengan tujuan Kota Tangerang.

Kasi Konservasi BKSDA Wilayah III Lampung-Bengkulu, Hifzon Zawahiri mengatakan, ribuan burung yang diangkut Kijang Innova nopol B 1294 ADM diamankan tim gabungan di Exit Tol Bakauheni Utara, Lampung Selatan, Senin dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

“Pengungkapan penyelundupan ribuan burung ilegal ini berdasarkan informasi dari masyarakat,” katanya. 

Ribuan burung ilegal itu dikemas dalam keranjang buah warna putih dan kotak kardus. Ribuan burung itu dibawa dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan tujuan Kota Tangerang, Banten. 

“Dalam pengungkapan ini petugas gabungan juga mengamankan dua orang yang mengangkut ribuan burung ilegal tersebut,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, kata dia, ada 2.440 ekor burung yang terdiri atas 10 jenis burung tidak dilindungi dan tidak dilengkapi dengan surat angkut dari BKSDA dan surat kesahatan bahan asal dari karantina.

Untuk menghindari kematian satwa tersebut, ribuan burung ilegal yang tidak dilindungi itu akan langsung dilepasliarkan di kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdurahman, Padang Cermin, Pesawaran.

“Untuk dua orang pelaku sudah diamankan di Mapolda Lampung untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: