Tolak RKUHP dan RUU Pertanahan, Ribuan Mahasiswa Lampung Demo di Kantor DPRD

Andres Afandi ยท Selasa, 24 September 2019 - 13:28 WIB
Tolak RKUHP dan RUU Pertanahan, Ribuan Mahasiswa Lampung Demo di Kantor DPRD
Ribuan mahasiswa saat menggelar aksi demo mahasiswa di Kantor DPRD Lampung, Selasa (24/9/2019). (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Ribuan mahasiswa dan elemen masyarakat yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Rakyat Lampung menggelar demo di Kantor DPRD Lampung, Selasa (24/9/2019). Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk penolakan terhadap Revisi Undang-Undang (RUU) KPK, RKUHP, RUU Ketenagakerjaan dan RUU Pertahanan.

Pantauan iNews, ribuan mahasiswa mengawali aksinya dengan melakukan aksi longmarch menuju Kantor DPRD Lampung. Mereka menyerukan penolakan keras terhadap RKUHP. Selain itu, massa juga menuntut pemerintah pro terhadap rakyat.


“Kami juga menolak RUU Ketenagakerjaan. Hidup buruh, hidup mahasiswa,” ujar seorang orator dalam demo tersebut.

Dalam penyampaian aspirasinya, mahasiswa mengaku kecewa terhadap kinerja DPR yang kejar tayang untuk mengesahkan RUU. Mereka menilai RUU tersebut menguntungkan penguasa dan merugikan rakyat.

Massa mahasiswa juga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung untuk meneruskan aspirasi mereka kepada Presiden untuk mencabut semua revisi UU tersebut.


“Kami akan terus melanjutkan aksi demo sampai tuntutan terpenuhi dengan jumlah massa lebih besar,” katanya.

Aksi demo ini terpantau berjalan cukup tertib. Ribuan massa tampak memenuhi halaman Kantor DPRD Lampung. Mereka membawa pengeras suara serta berbagai spanduk dan pamflet berisi aspirasi dan kecamatan atas pemerintah.


Editor : Donald Karouw