Tsunami Selat Sunda, Korban Tewas di Lampung Selatan Tercatat 29 Orang

Antara · Minggu, 23 Desember 2018 - 15:18:00 WIB
Tsunami Selat Sunda, Korban Tewas di Lampung Selatan Tercatat 29 Orang
Penanganan korban tsunami di Lampung Selatan. (Foto: iNews/Andres Afandi).

LAMPUNG SELATAN, iNews.id - Korban meninggal dunia akibat bencana tsunami di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, pada Sabtu (22/12/2018) malam, mencapai 29 orang. Angka tersebut hasil tim identifikasi Polda Lampung pada Minggu (23/12/2018).

Kabid Dokes Polda Lampung, Kombes Andri Bandarsyah mengatakan, hingga saat ini korban tercatat ada 29 orang akibat tsunami yang melanda kawasan pesisir di Kabupaten Lampung Selatan.

"Tim Disaster Victim Identification Polda Lampung telah diturunkan untuk mengevakuasi korban tsunami di lokasi bencana," kata Andri di Pantai Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Sedangkan korban luka akibat tsunami sebanyak 213 orang, baik luka ringan maupun luka berat.

Sementara Dirut RSUD Bob Bazar, Lampung Selatan, Diah Anjarini mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah korban meninggal dunia yang dibawa ke RS sebanyak 23 orang.

"Untuk korban luka-luka berdasarkan data yang masuk mencapai 139 orang," ujarnya.

Korban bencana tsunami berada di kawasan pesisir Lampung Selatan, yakni Kecamatan Kalianda dan Rajabasa. Keduanya merupakan kawasan pesisir di Kabupaten Lampung Selatan.

Terparah tsunami terdapat di Desa Way Muli dan Desa Tunjir Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga meminta warga di sekitar Kabupaten Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan untuk menjauhi pantai sebagai langkah mengantisipasi potensi tsunami susulan masih ada.

"Karena erupsi Gunung Anak Krakatau masih terus terjadi, maka kemungkinan tsunami susulan masih akan ada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Yogyakarta.

Menurut dia, jarak aman dari pantai di sejumlah lokasi yang terdampak tsunami Selat Sunda bervariasi karena tergantung topografi wilayah. Jarak terjangan gelombang tsunami Selat Sunda bervariasi antara 50 meter hingga 100 meter.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal