2 Proyek Terbengkalai, Pesisir Barat Lampung Alami Krisis Air Bersih

Enrico Ngantung ยท Senin, 18 Januari 2021 - 14:39:00 WIB
2 Proyek Terbengkalai,  Pesisir Barat Lampung Alami Krisis Air Bersih
Warga Pesisir Barat tak punya air bersih (Enrico Ngantung/iNews)

PESISIR BARAT, iNews.id - Ratusan warga di Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, mengeluhkan proyek air bersih yang terbengkalai. Akibatnya, seluruh warga di Pemangku II, Dusun Kuta Kawak, Pekon Padang Rindu, tak kunjung menikmati air bersih yang mereka impikan sejak lama.

Menurut warga setempat bernama Hafzi, pada 2018 silam pipa air bersih telah masuk ke dusun mereka. Namun, sejak dibangun hingga detik ini, proyek yang didanai dana desa TA 2018 itu tak pernah berfungsi. Proyek itu terbengkalai dan belum pernah diserahterimakan kepada masyarakat.

Hafzi menambahkan, meskipun dana proyek air bersih ratusan juta bisa dibilang mubazir pada 2018, Pemprov Lampung kembali mengalokasikan proyek PAMSIMAS (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) ke titik yang sama pada 2020.

Sayangnya, nasib warga Kota Kawat tetap tak berubah. Pasalnya, proyek Pamsimas juga tak kunjung menghasilkan air bersih yang diharapkan masyarakat.

Akibatnya, untuk memenuhi kebutuhan air minum, warga harus merogoh kocek Rp2.000 per jeriken kecil. Selain itu, warga terpaksa berjalan kaki satu kilometer memikul air bersih dari Dusun Kedatuan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: