Alat Musik Daerah Pringsewu Lampung, Unik dan Hits

nanda permata sari · Rabu, 03 November 2021 - 20:43:00 WIB
Alat Musik Daerah Pringsewu Lampung, Unik dan Hits
Alat musik daerah Pringsewu Lampung, salah satunya Gamolan. (Foto: Instagram @himanoiska)

LAMPUNG, iNews.id – Alat musik daerah Pringsewu Lampung ini sering digunakan untuk acara adat yang bersifat formal. Alat musik daerah Pringsewu Lampung merupakan bagian dari kebudayaan dan kesenian yang dimiliki oleh Provinsi Lampung.

Bahkan ada juga ekstrakulikuler musik daerah Lampung di setiap sekolah yang ada di Pringsewu. Umumnya alat musik yang ada di Pringsewu ini merupakan alat musik sebagian besar digunakan di Provinsi Lampung.

Alat-alat musik ini juga memiliki peran penting dalam sejarah Lampung yang harus dilestarikan. Berikut daftar alat musik daerah Pringsewu Lampung:

1. Gamolan

Alat musik Gamolan ini merupakan salah satu alat musik yang sangat khas di Lampung. Alat musik ini hampir sama dengan Gamelan yang berasal dari daerah Jawa namun memiki perbedaan yang cukup signifikan. 

Gamolan Lampung terbuat dari bambu yang disusun. Untuk cara memainkannya, Gamolan ini dipukul layaknya gamelan Jawa Tengah.

2. Gambus Lunik

Alat musik daerah Pringsewu Lampung, salah satunya Gambus Lunik. (Foto: Instagram @agussanigani)
Alat musik daerah Pringsewu Lampung, salah satunya Gambus Lunik. (Foto: Instagram @agussanigani)

Gambus Lunik ini salah satu alat musik yang sangat melekat dengan budaya agama Islam. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini datang bersamaan dengan penyebaran agama Islam di Nusantara. 

Gambus Lunik juga sering disebut dengan Gambus Lampung, yang mana alat musik ini merupakan salah satu media komunikasi di kalangan masyarakat pada umumnya dan kalangan muda-mudi khususnya. Selain itu Gambus Lunik juga berfungsi sebagai media dakwah Islam, gawi adat, upacara ritual bahkan sarana hiburan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: