Berawal dari Harga Anjok, Bengkuang di Desa Cintamulya Lampung Diproduksi jadi Masker

Antara · Kamis, 02 Desember 2021 - 09:27:00 WIB
Berawal dari Harga Anjok, Bengkuang di Desa Cintamulya Lampung Diproduksi jadi Masker
Produk masker bengkuang dari Desa Cintamulya Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan (Foto: Antara/Agus Wira Sukarta)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Kelompok tani (poktan) Agroentrepreneur Desa Cintamulya Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, berhasil memproduksi masker dari pati bengkuang. Ide ini muncul berawal dari harga bengkuang yang anjlok.

"Kami berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sumatera (Itera) membuat masker dari pati bengkuang," kata Penggerak Pemuda Desa Cintamulya, Hartanto, di Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, Rabu (1/12/2021)

Pihaknya bersama Program Studi Teknologi Pangan Itera menginisiasi pembuatan masker tersebut. Hartanto yang juga Koordinator Program Desa Cerdas (Smart Village) Desa Cinta Mulya itu mengatakan saat ini harga bengkuang sekitar Rp4.000 per ikat. Sementara produksi bengkuang di Desa Cintamulya cukup besar mencapai sekitar 9 ton per hari.

"Sebagian besar bengkuang dikirim ke Jakarta. Sisanya dijual ke sejumlah pasar di Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung," ujarnya.

Menurutnya, melihat produksi komoditas bengkuang yang cukup besar itu, akan lebih baik membuat produk yang lebih bernilai dari segi ekonomi.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: