Cerita Rakyat Lampung, Asal Usul Kota Pringsewu

nanda permata sari ยท Jumat, 19 November 2021 - 16:08:00 WIB
Cerita Rakyat Lampung, Asal Usul Kota Pringsewu
Asal Usul Kota Pringsewu ini perlu kamu ketahui, apalagi jika kamu warga asli Pringsewu, Lampung (Tugu Pringsewu/Istimewa)

PRINGSEWU, iNews.id – Asal Usul Kota Pringsewu ini perlu kamu ketahui, apalagi jika kamu warga asli Pringsewu, Lampung. Pringsewu merupakan salah satu kota yang ada di Lampung. Suku yang ada di Pringsewu pun beragam, dari mulai suku Jawa, Lampung, Sunda, dan masih banyak lagi.

Pringsewu saat ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tanggamus, yang mana jika anda ingin berkunjung ke Tanggamus anda akan melalui kota dengan semboyan Jejama Secancanan ini.

Walaupun nama Pringsewu sudah terkenal, namun masih banyak dari masyarakat luas bahkan masyarakat asli Pringsewu belum tahu mengenai asal usul Kota Pringsewu. 

Kota Pringsewu sudah ada sejak 1738 Masehi. Awalnya ada sebuah daerah atau perkampungan tiuh yang bernama Margakaya. Daerah ini dihuni oleh masyarakat asli suku Lampung – Pubian yang berada di tepi aliran sungai Way Tebu. 

Setelah 187 tahun atau tahun 1925, sekelompok masyarakat dari Pulau Jawa, melalui program kolonisasi oleh Pemerintahan Hindia Belanda, juga membuka daerah pemukiman baru dengan menebas hutan bambu yang cukup lebat di sekitar tiuh Margakaya tersebut.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: