Cerita Rakyat Lampung, Buaya Perompak

Imam Badruzzaman · Selasa, 23 November 2021 - 18:59:00 WIB
Cerita Rakyat Lampung, Buaya Perompak
Diceritakan pada zaman dahulu di sungai Tulang Bawang bersemayam seekor buaya raksasa (Foto Buaya Raksasa/Istimewa)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Cerita rakyat Lampung, buaya perompak adalah cerita yang mengisahkan kejadian di sungai Tulang Bawang. Sungai Tulang Bawang menjadi salah satu dari empat sungai terlebar dan terpanjang di provinsi lampung.

Dengan luas sekitar 1.285 Km², sungai ini mengaliri wilayah kabupaten Tulang Bawang dan melintasi kecamatan Menggala. Sungai yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber air irigasi dan sarana transportasi ini ternyata memiliki cerita rakyat yang jarang diketahui orang, yaitu legenda buaya perompak.

Diceritakan pada zaman dahulu di sungai Tulang Bawang bersemayam seekor buaya raksasa yang konon menjadi penyebab hilangnya orang-orang yang berlayar di sungai Tulang Bawang. Penduduk setempat pun selalu memberikan nasihat bagi mereka yang ingin menyeberang untuk selalu hati-hati, pasalnya kejadian buruk kerap menimpa orang.

Suatu hari, seorang gadis cantik yang hilang secara. Dia hilang secara tiba-tiba di sungai Tulang Bawang. Gadis itu bernama Aminah. Seluruh penduduk desa mencari di sekitar sungai dan pelosok desa untuk menemukan gadis ini namun tidak menemukan hasil.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: