Pembakaran Polsek Candipuro di Lampung Selatan, Polisi Sudah Tangkap 14 Orang

Putranegara ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 16:55:00 WIB
Pembakaran Polsek Candipuro di Lampung Selatan, Polisi Sudah Tangkap 14 Orang
Pembakaran Kantor Polsek Candipuro di Lampung Selatan. (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polisi sampai saat ini sudah menangkap 14 orang yang diduga terlibat dalam peristiwa pembakaran Polsek Candipuro di Kabupaten Lampung Selatan. Mereka diperiksa untuk diminta keterangan dan beberapa telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sampai saat ini Polres Lampung Selatan telah tangkap dan amankan 14 orang yang diduga terlibat," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (20/5/2021).

Menurut Ramadhan, ke-14 orang yang diamankan tersebut memiliki peran yang berbeda. Di antaranya diduga ada yang bertindak sebagai provokator yang mengakibatkan terjadinya peristiwa pembakaran.

"Mulai dari inisiasi aksi, provokator dan pelaku perusakan serta pembakaran hingga warga yang ikut-ikutan lakukan pembakaran perusakan di Polsek," kata Ramadhan.

Menurutnya, saat ini  warga dan kepala desa se-Kecamatan Candipuro menyambangi Polsek untuk bergotong royong melakukan pembersihan pasca-kejadian.

"Melakukan gotong royong membersihkan puing-puing bangunan serta merencanakan membangun kembali Polsek Candipuro sebagai rasa peduli masyarakat dan aparat kepala desa," ucapnya.

Terpisah, delapan orang yang sebelumnya ditangkap lebih dulu telah dijadikan tersangka dalam aksi pembakaran dan perusakanpolsek Candipuro.

"Untuk statusnya sudah tersangka," kata Kasubbid Penmas Polda Lampung AKBP Iedwan Mahfi saat dikonfirmasi terpisah.

Sebelumnya, sejumlah warga berbondong bondong mendatangi Polsek Candipuro, Lampung Selatan dan membakarnya, Selasa (18/5/2021) malam. Hal itu diduga karena warga kesal dengan maraknya begal motor dan tak pernah diungkap.

Editor : Donald Karouw