Wali Kota Bandarlampung: Tarawih Boleh Asal Terapkan Prokes

Antara · Rabu, 07 April 2021 - 11:48:00 WIB
Wali Kota Bandarlampung: Tarawih Boleh Asal Terapkan Prokes
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana (Antara)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Jemaah salat  tarawih di Bandarlampung diminta untuk tetep menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 saat ibadah ramadan.

"Tarawih boleh dilakukan, tapi harus terapkan prokes karena masih dalam masa pandemi Covid-19," kata Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, Rabu (7/4/2021).

Eva menambahkan, untuk tetap menjaga pelaksanaan prokes di masjid-masjid saat Tarawih, pemkot akan menempatkan Satgas Covid-19. Satgas ini melibatkan unsur masyarakat setempat.

"Permasalahan prokes ini tidak bisa kita kerja sendiri, tapi semua masyarakat harus bersama-sama menjaganya," kata dia pula.

Sementara itu, Ketua II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bandarlampung Yaumil Khoirul mengatakan, pihaknya akan segera mengumumkan ke ormas-ormas Islam bahwa Salat Tarawih dan Idul Fitri dapat dilaksanakan.

"Kami MUI akan sampaikan ini bahwa tidak ada maklumat yang menyatakan salat Tarawih di bulan Ramadan dan Salat Idul Fitri dilarang, tentunya ini akan disambut baik oleh masyarakat dan ormas Islam di sini," katanya.

Namun begitu, lanjut dia, penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan harus tetap dilakukan, sehingga harapan Wali Kota daerah ini dapat masuk zona kuning ataupun hijau bisa tercapai.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto