Waspada, Ini Modus Kejahatan yang Mengintai THR Anda

Wiendy Hapsari · Senin, 03 Mei 2021 - 16:35:00 WIB
Waspada, Ini Modus Kejahatan yang Mengintai THR Anda
Tunjangan Hari Raya (THR) (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, hampir seluruh karyawan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Jika tak ada perubahan masyarakat akan menerima mulai hari ini Senin (3/5/2021). 

Namun, modus kejahatan mengintai Anda yang telah menerima transferan THR. Data Mabes Polri menunjukkan, angka kejahatan menjelang Lebaran cenderung meningkat setiap tahun.

Lantas apa saja modus-modus kejahatan yang harus diwaspadai jelang Lebaran? Berikut daftarnya: 

1. Pencurian
Jelang Lebaran, aksi pencurian marak terjadi. Berdasarkan data Mabes Polri 2020, jumlah kasus pencurian biasa dan pencurian dengan pemberatan menjadi jenis kejahatan yang paling mendominasi di momen jelang Lebaran

2. Penjambretan
Aksi jambret juga menjadi jenis kejahatan yang harus diwaspadai, khususnya saat berada di tempat-tempat publik. Kebiasaan menggunakan gawai di jalan umum yang membuat fokus teralihkan, bisa menjadi sasaran empuk penjambret

3. Pembiusan
Dalam situasi seperti sekarang ini, bersikap waspada terhadap orang asing tetap harus dilakukan. Saat ini kasus kejahatan melalui pembiusan bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti lewat makanan dan minuman dan bahkan menggunakan wewangian.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2