Polisi menangkap pemuda pelaku pencurian di rumah warga Pringsewu, Lampung. (Foto: Indra Siregar)
Indra Siregar

PRINGSEWU, iNews.id - Seorang pemuda di Pringsewu, Lampung nyaris babak belur dihajar warga. Dia tepergok hendak melakukan pencurian di rumah warga.

Pelaku adalah Alan (20), warga Pekon Gadingrejo Utara. Dia masuk ke rumah Wagirah (54) pada Senin (5/12/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Korban yang awalnya terlelap tidur tiba-tiba terbangun karena mendengar suara gorden terbuka. 

Awalnya korban mengira suaminya yang datang. Namun setelah diperhatikan wajahnya, ternyata laki-laki yang masuk ke rumahnya adalah orang yang tidak dikenal 

"Spontan korban langsung berteriak maling," tutur Kapolsek Gadingrejo, Iptu Anwar Mayer, Rabu (7/12/2022).

Dia mengatakan, teriakan korban membuat suaminya dan anggota keluarga lain terbangun. Mereka mengejar pelaku dan menangkapnya saat berusaha kabur dari pintu belakang.

Pelaku nyaris babak belur karena keluarga dan warga marah melihat aksinya. Beruntung polisi yang mendapat laporan itu segera datang ke lokasi.

"Pelaku itu nyaris menjadi bulan-bulanan masa yang marah atas perbuatan pelaku. Namun beruntung polisi yang mendapat laporan segera datang dan mengevakuasi pelaku dari amukan massa," ujarnya.

Kepada polisi, pelaku mengaku nekat mencuri karena alasan butuh uang untuk membeli minuman keras.

"Ngakunya nekat mencuri karena butuh uang untuk membeli minuman keras," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat Pasal 363 KUHP juncto Pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian. 

"Ancaman hukuman hingga 4 tahun penjara," katanya.

  


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT