Ilustrasi siswi SMP di Way Kanan selama 2 tahun diperkosa pamannya secara berulang kali. (Foto: Antara)
Yuswantoro

WAY KANAN, iNews.id - Pemuda 27 tahun berinisial HR ditangkap anggota tim Tekab 308 Presisi Polsek Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung atas kasus tindak pidana kasus persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Dia menjadikan keponakannya sebagai pelampiasan nafsu dan memerkosanya berulang kali selama 2 tahun.

Kasat Reskrim Polres Way Kanan AKP Andre Try Putra mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula saat pelapor mendengar cerita dari saksi G jika anak didiknya berinisial S (15) warga Banjit telah disetubuhi pamannya.

Kejadian pertama kali sekitar 1 tahun lalu saat korban masih SMP. Ketika itu korban sedang tidur di kamar lalu pelaku masuk dan memerkosanya. Hal ini terus berlanjut selama 2 tahun sampai total pelaku HR sudah menyetubuhi korban sebanyak 8 kali dan perbuatan cabul 2 kali.

Kepada petugas, korban mengaku diperkosa pada Agustus 2021 sebanyak 3 kali. Kemudian September 2021 sebanyak 2 kali dan Oktober 2021 3 kali. Kemudian aksi ini berlanjut pada Maret 2022, korban dicabuli sekali dan terakhir pada 17 Oktober lalu.

"Atas kejadian ini korban mengalami trauma dan sakit di bagian intimnya. Selanjutnya F yang dipercayai korban untuk mewakili dan mendampinginya melaporkan kejadian itu ke Polsek Banjit untuk ditindak lanjuti," ujar Andre, Selasa (25/10/2022).

Menerima laporan, tim Tekab 308 Polsek Banjit menangkap pelaku HR di Kampung Donomulyo, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Saat diamankan, pelaku tidak melakukan perlawanan. Selanjutnya pelaku HR dibawa ke Polsek Banjit guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Pelaku masih ada hubungan keluarga dengan korban. Dia paman korban," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku HR dijerat Pasal 81 Ayat (3) atau Pasal 82 Ayat (2) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak ditambah 1/3 dari ancaman pidana karena masih ada hubungan keluarga dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT