Penimbunan bbm solar (Antara)
Antara

LAMPUNG TIMUR, iNews.id - Polisi membongkar kasus dugaan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Hasilnya, polisi mengamankan ribuan liter solar di Dusun VI Desa Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

"Anggota berhasil mengamankan ribuan liter solar yang ditimbun dan tidak berizin di sebuah rumah kosong," kata Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution, Selasa (2/8/2022).

Zaky menanbahkan, ribuan liter solar itu dimasukkan ke dalam 35 jerigen. Selain mengamankan solar, pihaknya juga mengamankan seorang pelaku berinisial FK (37).

Lebih lanjut Zaky mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat. Berbekal dari laporan itu, anggota Unit Idik III (Tipidter) Sat Reskrim Polres Lampung Timur langsung melakukan pengecekan informasi tersebut.

"Pelaku kami amankan pada Rabu tanggal 27 Juli 2022 lalu Pukul 11.00 WIB,” katanya.

Zaky menambahkan setelah dikembangkan pelaku FK dalam melakukan kegiatan nya bukan pihak dari depot atau penyalur yang mendapat penugasan penyediaan dan pendistribusian BBM yang disubsidi oleh pemerintah. 

"Pelaku FK ini dalam melakukan kegiatannya tidak memiliki izin sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena itu FK kami amankan di Mapolres Lampung Timur guna penyidikan lebih lanjut," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 40 paragraf 5 bagian ke empat bab III UU RI no.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah ketentuan Pasal 55 UU RI No.22 Tahun 2001 tentang Migas.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT