Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus (Antara)
Nur Ichsan

JAKARTA, iNews.id - Pucuk pimpinan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung resmi berganti. Kursi Kapolda Lampung yang dulunya diemban Irjen Pol Hendro Sugiatno kini berpindah ke Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Hal ini setelah keduanya melakukan serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022) sekira pukul 13.30 WIB. 

Nama Irjen Pol Akhmad Wiyagus identik dengan Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor). Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse terlebih dalam menangani kasus tipidkor.

Pria kelahiran Tasikmalaya 23 September 1967 ini sebelumnya Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat.

Sebelum menyandang pangkat bintang dua di pundaknya, pada tahun 1992 Akhmad Wiyagus, memulai karirnya di Korps Bhayangkara sebagai Kasatsabhara Polda Banten. Akhmad Wiyagus pun sempat dimutasi di beberapa daerah.

Kemudian, pada tahun 2005-2006, Akhmad Wiyagus menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Beberapa tahun kemudian, dia dipercaya sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat KPK.

Di tahun 2008, dia dimutasi menjadi Kapolres Sumedang. AKhmad hanya bertugas dua tahun di Sumedang, pada tahun 2010 dia ditarik menjadi Kanit II Dit III/Tipikor Bareskrim Polri.

Pada tahun 2011, dia dipercaya menjadi Kasubdit II Dittipidkor Bareskrim Polri. Karir Akhmad Wiyagus semakin moncer hingga pada tahun 2013 dia dipercaya mengemban tugas sebagai Wadirtipidkor Bareskrim Polri.

Setahun kemudian, pada tahun 2014, Akhmad Wiyagus naik jabatan menjadi Dirtipidkor Bareskrim Polri dengan menyandang bintang satu atau Brigjen.

Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus (Antara)

Setelah empat tahun berkutat dengan kasus Tipidkor, pada 2018 dia dipercaya sebagai Wakapolda Maluku. Setahun kemudian, dia pulang ke daerahnya untuk menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat.

Pada tahun 2019, Akhmad Wiyagus pernah mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Dia lolos di tahap pertama, namun  Akhmad Wiyagus memilih mundur.

Setahun berselang, tepatnya pada tahun 2020, Akhmad Wiyagus dipercaya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. Dua tahun kemudian, pada Juni 2022, Wiyagus digeser menjadi Kapolda Lampung.

Mutasi dan sertijab itu tertuang dalam surat telegram yang diterbitkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan NNomor: ST/1215/VI/KEP./2022.

Surat telegram itu diteken langsung Asisten SDM Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Irjen Pol Wahyu Widada.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT