Bakamla Kini Punya Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim di Batam

Antara · Jumat, 24 Juni 2022 - 21:10:00 WIB
Bakamla Kini Punya Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim di Batam
Kepala Bakamla bersama Regional Program Coordinator Maritime Crime Program Asia Tenggara dan Pasifik melakukan penadatanganan prasasti pusat pelatihan maritim di Batam. (ANTARA/HO-Humas Bakamla)

BATAM, iNews.id - Badan Keamanan Laut (Bakamla) meresmikan Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim 'Visit, Board, Search and Seizure' (VBSS) di Kantor Pangkalan Armada Batam. VBSS merupakan teknik wajib yang diharus dikuasai personel reaksi cepat Bakamla guna kesiapan tugas operasi penegakan hukum dan keamanan di laut.

Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan, ke depan Bakamla akan menjadikan program pelatihan VBSS yang komprehensif sebagai kegiatan rutin dan sebagai pusat latihan bersama.

"Nanti dari K/L lain dapat menggunakan sarana dan prasarana pelatihan yg ada di Batam,” ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Dia menjelaskan, fasilitas pelatihan maritim ini berupa modul kontainer ruang kelas untuk pelatihan tim VBSS yang dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan pelatihan terkoordinasi VBSS berskala internasional.

“Fasilitas pelatihan maritim ini merupakan wujud kerja sama dan komitmen yang kuat antara Bakamla dan UNODC (Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Narkoba dan Kejahatan) dalam menyiapkan dan membangun kapasitas menghadapi berbagai ancaman maritim,” katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: