Bansos PKH di Pesisir Lampung Selatan Dinilai Salah Sasaran

Enrico Ngantung · Senin, 22 Februari 2021 - 17:26:00 WIB
Bansos PKH di Pesisir Lampung Selatan Dinilai Salah Sasaran
Ilustrasi Bansos. (Foto: Istimewa)

PESISIR BARAT, iNews.id - Penyaluran dana bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, dinilai banyak yang salah sasaran

Selain kartu PKH yang tidak dipegang penerima, kriteria jumlah jiwa dan status dalam rumah tangga juga tak sesuai dengan besaran uang yang diterima.

Dugaan ini menguat atas pengakuan sejumlah emak-emak di Kecamatan Ngambur yang masuk dalam daftar penerima program bansos tersebut.

Warga Pemangku Sukanegara, Pekon Sukanegara, Winda (40) mengaku sudah lama menikmati bansos PKH, padahal keluarga  Winda tergolong dari kalangan berada. “Yang gesek kartu (PKH) dan narik dana pengurus, kami cuma terima uang,” ujar perempuan paruh baya ini, Senin (22/2/2021).

Dia mengaku, untuk pencairan dana PKH miliknya pada triwulan pertama tahun 2021 (periode Januari-Maret) sudah dilakukan pada Januari lalu. “Saya dapat enam ratus ribu untuk tiga bulan mulai januari sampai maret tahun ini,” ucapnya.

Senada dengan Winda, besaran dana PKH yang diterima Satimah (43), warga kurang mampu di Pemangku Siring Balak Bawah, Pekon Sukabanjar cukup membingungkan. 

“Pertama saya dapet Rp150.000 selama enam kali pada tahun 2020 silam,” ujarnya. 

Dia mengaku gembira dana PKH yang diterimanya untuk bulan Januari-Februari-Maret tahun 2021 sebesar Rp1.350.000.

Namun, Satimah menuturkan proses penarikan dana PKH dilakukan oleh pengurus program. “Kami nggak tahu soal saldo dan lainnya,” ujarnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2