Bermaksud Cari Rebon untuk Umpan Mancing, Nelayan di Tanggamus Digigit Buaya

Indra Siregar ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 05:02:00 WIB
Bermaksud Cari Rebon untuk Umpan Mancing, Nelayan di Tanggamus Digigit Buaya
Lokasi korban Husnudhon digigit buaya saat mencari rebon di Pantai Sawmil, Tanggamus, Lampung. (Foto: iNews/Indra Siregar)

TANGGAMUS, iNews.id – Seorang nelayan di Pekon Kampung Baru, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung, diserang seekor buaya sepanjang dua meter saat memancing di Pantai Sawmil, Lampung, Rabu (11/12/2019) pagi. Akibatnya, korban mendapat 11 jahitan di kaki kanannya.

Korban gigitan buaya, Husnudhon (27) mengaku, dia dan ayahnya Bakarudin awalnya berencana memancing di Pantai Sawmil. Lokasi memancing keduanya berjarak sekitar 300 meter dari Muara Way Semaka, Tanggamus.

“Saat itu saya lagi di dalam air karena cari rebon untuk umpan memancing, tiba-tiba kaki kanan digigit buaya,” katanya, Kamis (12/12/2019).

Menurut ayah korban, dia dan anaknya berangkat ke lokasi memancing jam 04.00 WIB. Setelah menempuh waktu satu jam, keduanya sampai di tepi Pantai Sawmil.

“Begitu sampai di pinggi laut, kami nyebur cari rebon, saat itu anak saya teriak bilang digigit buaya,” kata Bakarudin.

Akibat kejadian ini, Bakarudin mengalami trauma dan khawatir kejadian itu terulang. Dia merasa, sejak kecil hingga sekarang, baru kali ini ada buaya yang mau mengigit orang di sana.

“Syukur gigitan buaya itu lepas dan anak saya bisa tertolong,” katanya.

Sementara itu, bagi Suryani, pengunjung Pantai Sawmil asal Wonosobo, Lampung, mengaku takut mandi di pantai akibat peristiwa itu. Anak-anak juga takut bermain air di pinggir pantai.

“Ini pemerintah solusinya bagaimana supaya anak-anak juga ga takut bermain di pantai, apalagi di sini kalau akhir pekan banyak pengunjung,” katanya.

Pantai Sawmil merupakan salah satu destinasi wisata lokal yang dimiliki Kabupaten Tanggamus. Setelah kejadian tersebut, pengunjung dan nelayan sangat khawatir dan takut untuk bermain di pantai dan memancing.

Peristiwa ini sudah dilaporkan ke Polsek Pematang Sawah dan aparat setempat.


Editor : Umaya Khusniah