BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Tim iNews.id · Selasa, 22 November 2022 - 11:09:00 WIB
BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Gelombang ini diprakirakan terjadi pada 22 - 23 November 2022.

Bidang Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi BMKG melalui keterangan tertulisnya menyebut pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka, perairan utara Sabang, perairan barat Lampung, Selat Sunda, perairan utara Banten dan Laut Jawa bagian barat.

"Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di beberapa perairan," begitu bunyi keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022)

Gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter diprediksi terjadi di Selat Malaka, perairan Riau, perairan utara Sabang, perairan Lhokseumawe, perairan timur Pulau Simeulue - Kepulauan Mentawai, Laut Natuna Utara, Selat Gelasa, perairan selatan Pulau Belitung.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: