Dalam 2 Pekan, Polda Lampung Gagalkan 35 Kg Sabu dan 5000 Butir Happy Five

Antara · Selasa, 20 September 2022 - 16:25:00 WIB
Dalam 2 Pekan, Polda Lampung Gagalkan 35 Kg Sabu dan 5000 Butir Happy Five
Polda Lampung saat menunjukkan hasil tangkapan sabu 35 kilogran selama dua pekan. Selasa, (20/9/2022). (Foto: ANTARA/Dian Hadiyatna)

LAMPUNG, iNews.id - Dalam dua pekan, Direktorat Polda Lampung berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 35 kilogram (kg) dan 5000 pil happy five. Barang haram itu didapat petugas dari empat kurir yakni PT (32), ZL (48), AZ, dan AG (39).

"Penangkapan dan pengungkapan kasus empat kurir narkoba tersebut berlangsung di dua lokasi berbeda dalam kurun waktu dua pekan terakhir," kata Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Lampung AKBP Ujang Supriyanto di Lampung Selatan, Selasa.

Ia menyebut, keempat pelaku yang diamankan pihaknya berperan sebagai kurir. Tiga pelaku yakni PT, ZL, dan AZ, dari Sumatera Utara, dan AG warga Bogor. 

"Semuanya memiliki peran sebagai kurir penyelundup narkotika lintas provinsi yang biasa melintas antar-Pulau Sumatera dan Jawa," ujarnya.

Dijelaskannya, awalnya petugas mengamankan sabu seberat 19 kg dan 5000 pil happy five dari tersangka PT dan AG saat akan menyeberangkan barang haram itu dari Sumatera Utara ke Pulau Jawa di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (28/8/2022) lalu.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya melakukan pengembangan dan berhasil meringkus tersangka lain inisial ZL yang bertugas menyambut kiriman narkotika yang dibawa PT dan AG, serta diamankan barang bukti 1 unit handphone sebagai alat komunikasi ketiga kurir tersebut.

"Modus penyelundupan ketiganya terbilang baru karena barang bukti sabu dikemas menggunakan kotak kue yang dibawa melalui jalur darat via transportasi umum," ujarnya.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: