Hukum Tajwid Surat Al Fiil Ayat 1-5, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Rabu, 03 Agustus 2022 - 19:31:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Fiil Ayat 1-5, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum tajwid surat Al Fiil ayat 1-5 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid surat Al Fiil ayat 1-5 beserta arti dan cara membacanya dapat menjadi pelajaran penting dan bermanfaat.

Membaca Al Quran sesuai kaidah hukum tajwid sangat penting untuk diindahkan agar benar saat melafalkannya. Selain itu, mengetahui hukum bacaan juga sangat penting supaya ayat yang dibaca tidak salah pemaknaannya.

Surat Al Fil (الفيل) merupakan surah ke-105 dalam Al Quran. Karena diturunkan di Mekah, Al Fill tergolong surat Makkiyah.

Nama surat Al Fiil diambil dari ayat pertama yang berarti 'Gajah'. Surat berkisah tentang pasukan gajah pimpinan Abrahah yang berusaha menghancurkan ka’bah.


أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ . أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ . وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ . تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ .فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

Latin: Alam taro kaifa fa’ala rabbuka bi-ashhaabil fiil. Alam yaj’al kaidahum fii tadhliil. Wa arsala ‘alaihim thoiron abaabiil. Tarmiihim bihijaa rotim min sijjil. Faja’alahum ka'ashfin ma'qul..

Artinya:
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. Al Fiil: 1-5)

Dalam ayat surat pendek tersebut, terdapat banyak jenis hukum tajwid yang pada setiap katanya. Berikut ini adalah ulasannya yang dilansir iNews.id, Rabu (3/8/2022).

Hukum Tajwid Surat Al Fiil Ayat 1-5:

Ayat 1 :

أَلَمْ تَرَ = Hukumnya Idhar syafawi karena ada mim mati bertemu ta'. Dibaca dengan jelas.

بِأَصْحَابِ = Hukumnya Mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif. Dibaca panjang 2 harakat.

بِأَصْحَابِ الْفِيلِ = Idhar qomariyah karena ada lam ta'rif bertemu fa'. Dibaca secara jelas.

Ayat 2 :

أَلَمْ يَجْعَلْ = Hukumnya Idhar syafawi karena ada huruf mim mati bertemu ya'. Cara membacanya dengan jelas.

كَيْدَهُمْ فِي = Hukumnya Idhar syafawi karena ada huruf mim mati bertemu fa'. Cara membacanya dengan jelas.

فِي = Hukumnya, Mad thobi'i karena ada kasrah diikuti ya' sukun. Dibaca dengan panjang 2 harakat.

Ayat 3 :

عَلَيْهِمْ طَيْرًا = Hukumnya Idhar syafawi karena ada huruf mim mati bertemu tho'. Cara membacanya yakni dilafalkan dengan jelas.

طَيْرًا أَبَابِيلَ = Hukumnya Idhar halqi karena ada tanwin bertemu alif. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali. Selain itu ada Mad thobi'i karena terdapat fathah diikuti alif. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: