Inovatif, Mahasiswa ITERA Rancang Deflektor Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut

Antara ยท Selasa, 24 Agustus 2021 - 12:20:00 WIB
Inovatif, Mahasiswa ITERA Rancang Deflektor Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut
Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung merancang bangun teknologi deflektor Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) (Antara)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Langkah inovatif ditunjukkan mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung. Kali ini mereka merancang bangun teknologi deflektor Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL).

Deflektor yakni alat untuk meningkatkan kinerja turbin pada pembangkit arus laut pada kecepatan rendah. Inovasi ini diharapkan dapat mendorong pengembangan PLTAL di Indonesia.

"Indonesia sebagai negara poros maritim dunia mempunyai potensi energi laut yang besar. Namun, potensi energi arus laut tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan listrik melalui PLTAL," kata Dosen Prodi Teknik Sistem Energi (TSE) Itera, Madi, Selasa (24/8/2021).

Madi menambahkan, arus laut di Indonesia termasuk berkecepatan rendah dibandingkan kebanyakan negara lain. Hal ini yang menjadi kendala pengembangan PLTAL.

Namun, kendala itu membuat mahasiswa Itera untuk berinovasi merancang sebuah bangun teknologi deflektor atau alat untuk meningkatkan kinerja turbin pada pembangkit arus laut pada kecepatan rendah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel: