Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha di Bandarlampung Capai 5.000 Ekor

Antara ยท Jumat, 25 Juni 2021 - 18:24:00 WIB
Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha di Bandarlampung Capai 5.000 Ekor
Kebutuhan hewan kurban di Bandarlampung mencapai 5.000 ekor (Ilustrasi/Sindonews)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun 2021 di Bandarlampung mencapai 5.000 ekor. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini kebutuhan masyarakat tentunya ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini kemungkinan capai 5.000 ekor kebutuhannya," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Bandarlampung  Agustini, Jumat (25/6/2021).

Agustini menambahkan, untuk Idul Adha tahun ini kebutuhan hewan kurban jenis sapi mencapai 2.000 ekor, sedangkan kambing berjumlah 3.000 ekor.

"Kebutuhan masyarakat akan hewan kurban masih aman karena ketersediaan nanti akan dihadirkan di lapak-lapak penjual hewan kurban yang ada di 20 kecamatan," kata dia.

Agustini melanjutkan, mendekati pelaksanaan hari raya kurban pihaknya akan melakukan pengawasan kesehatan terhadap hewan-hewan kurban yang dijual di lapak-lapak penjualan guna memastikan sapi atau kambing yang ditawarkan ke masyarakat sehat dan bebas penyakit.

"Nanti kita cek kesehatan bersama tim dari Provinsi Lampung mulai H-7 ke lapak-lapak penjualan hewan kurban," katanya.

Dia juga mengimbau kepada penjual ataupun pembeli hewan kurban agar dalam melakukan jual beli tetap melaksanakan protokol kesehatan sebab saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Kita juga imbau masyarakat agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban tetap sesuai tata cara yang benar, terutama dalam pengemasan, seperti tidak boleh memakai plastik hitam, pakai sarung tangan, memakai masker dan tidak berkerumun dalam pembagiannya," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: