Muncul Adu Dukungan Jelang Muktamar NU di Lampung, Begini Kata PBNU

Antara · Kamis, 25 November 2021 - 21:55:00 WIB
Muncul Adu Dukungan Jelang Muktamar NU di Lampung, Begini Kata PBNU
Keluarga Nahdlatul Ulma (NU) di Lampung melakukan doa bersama untuk kelancaran Muktamar NU (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dinamika menjelang Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke 34 di Lampung terus terjadi. Salah satunya terjadi saling klaim dukungan terhadap Ketua Umum PBNU petahana KH Said Aqil Siroj dan calon lainnya Khatib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Merespons dinamika Muktamar itu, Ketua PBNU bidang ekonomi, Umarsyah mengingatkan kepada para petinggi PBNU untuk tidak melakukan adu opini di ruang publik.

Umarsyah heran di tengah dinamika jelang muktamar, sebagai petahana, kubu Kiai Said mengaku mendapat dukungan karena dipandang sukses memimpin PBNU 11 tahun terakhir.

"Yang berhak menilai sukses tidaknya kepemimpinan Kiai Said adalah peserta Muktamar, bukan orang per orang apalagi pimpinan Banom NU," kata Umarsyah, Kamis (25/11/2021).

Pria asal Kota Metro Lampung ini juga menyayangkan sikap Kiai Said yang menyatakan kesanggupan maju lagi karena ada permintaan dari Kiai sepuh.

Padahal, kata dia, di organisasi seperti NU pemimpin tertinggi adalah Rais Aam yang saat ini diemban oleh KH Miftachul Akhyar. 

"Andai Kiai Said klaim didukung kiai sepuh ya salah kaprah, Rois Aam PBNU itu pemimpin tertinggi NU. Kiai Said sebagai Ketua Tanfidzyah hanya menjalankan tugas dari Rais Aam," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: