Suku di Lampung, Sejarah hingga Kebiasaan Adatnya

Tim iNews.id ยท Kamis, 24 November 2022 - 17:33:00 WIB
Suku di Lampung, Sejarah hingga Kebiasaan Adatnya
Menara Siger (Instagram selampung/via eprabowo_official)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Suku di Lampung suku pribumi yang asli dari Provinsi Lampung. Suku di Lampung terdiri dari dua suku.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (24/11/2022), suku Lampung biasa disebut dalam bahasa Lampung, Ulun Lappung. Suku ini awal mulanya, berdiam di tengkuk Gunung Pesagi.

Suku Lampung merupakan bagian dari bangsa Austronesia yang leluhurnya diperkirakan berasal dari kepulauan Formosa yang bermigrasi hingga Pulau Sumatera.

Suku asli Lampung memiliki akar kesamaan bahasa dengan masyarakat tradisional Puyuma di kepulauan Formosa. Hal ini diketahui dari studi bahasa yang pernah dilakukan.

Beberapa catatan sejarah dari Tiongkok menuliskan, bahwa pada abad ke VII masyarakat telah membicarakan suatu wilayah di daerah Selatan (Namphang) di mana terdapat kerajaan yang disebut To-Lang Po-Hwang. To berarti orang dan Lang-Po-Hwang adalah Lampung.

Suku di Lampung

Lampung dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai. Artinya, satu bumi dua jiwa. Berbekal dari semboyan itu maka diketahui masyarakat di provinsi ini dibagi dalam dua suku.

1. Suku Lampung Pesisir

Masyarakat Suku Lampung Pesisir ini tinggal di sepanjang pesisir Lampung. Suku Pesisir ini menjadi cikal bakal dari suku Lampung di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan hadirnya Kerajaan Sekala Berak yang merupakan kerajaan tertua di Lampung dan bermukim di Lampung Barat.

Suku Lampung Pesisir menggunakan bahasa Lampung dengan dialek A. Pelafalan yang digunakan oleh masyarakat ini lebih jelas, hampir setara dengan pelafalan Bahasa Indonesia pada umumnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: