Tarian Adat di Pringsewu Lampung yang Paling Populer

nanda permata sari ยท Sabtu, 30 Oktober 2021 - 11:34:00 WIB
Tarian Adat di Pringsewu Lampung yang Paling Populer
Tarian adat dari Pringsewu Lampung (Foto: Antara)

BANDAR LAMPUNG, iNews.idTarian adat di Pringsewu sangat populer, bahkan biasa digunakan daerah lain di Lampung. Biasanya tarian-tarian ini ditampilkan di acara-acara besar, seperti pernikahan, acara pemerintahan, pagelaran budaya, dan lainnya.

Tarian bukan sekadar hiburan bagi penonton, namun juga memberikan pemahaman budaya. Ini karena tarian biasanya menggambarkan tradisi yang dianut suatu daerah.

Berikut tarian adat di Pringsewu Lampung yang populer:

1. Tari Sigeh Pengunten

(Foto: Instagram/Kalianda)
(Foto: Instagram/Kalianda)

Tari Sigeh Pengunten merupakan salah satu kreasi Lampung yang merupakan kombinasi tari Melinting dan tari Sembah. Kedua tarian tersebut dikukuhkan namanya menjadi Sigeh Pengunten. 

Tarian ini merupakan perpaduan budaya antara kedua suku Lampung yakni Pepadun dan Saibatin. Melalui Peraturan Daerah Provinsi Lampung, Sigeh Pengunten diresmikan sebagai tarian Lampung terutama untuk menyambut tamu penting. 

Biasanya tarian ini dipentaskan pada setiap pembukaan acara, baik formal maupun nonformal. Acara-acara penikahan kerap menggunakan tarian ini untuk menyambut tamu penting. Tarian ini menggambarkan ekspresi kegembiaraan atas kedatangan tamu agung.

Salah satu ciri tari Sigeh Pengunten adalah aksesori yang dikenakan para penari. Sesuai namanya, aksesori utama dalam tarian ini adalah Siger yaitu mahkota berwarna emas yang juga menjadi identitas lampung. 

Aksesori lain yang tak kalah penting adalah penutup jari berbentuk kerucut berwarna emas. Selain kedua aksesori ini, penari juga mengenakan papan jajar, gelang kano, gelang burung, kalung buah jukum, dan pending. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: