Zona Oranye, Warga di Bandarlampung Diimbau Sholat Ied di Rumah

Antara ยท Minggu, 18 Juli 2021 - 16:55:00 WIB
Zona Oranye, Warga di Bandarlampung Diimbau Sholat Ied di Rumah
Masjid Agung Al-Furqon Bandarlampung. (Foto: Istimewa).

BANDARLAMPUNG, iNews.id - MUI Lampung meminta warga yang tinggal di daerah oranye dan merah Covid-19 melaksanakan Sholat Idul Adha di rumah masing-masing. Sementara di luar itu boleh menggelar ibadah sholat dengan protokol kesehatan ketat.

"Kalau zona hijau bisa di lapangan atau masjid tapi dengan protokol kesehatan ketat," kata Wakil Ketua II MUI Lampung, Bukhori Muslim, di Kota Bandarlampung, Minggu (18/7/2021).

Kondisi sekarang, kata dia, memang berbeda dari sebelumnya sebab masih dalam pandemi Covid-19. Dia khawatir akan ada peningkatan kasus bila terjadi kerumunan massa.

"Untuk Bandarlampung karena berstatus zona oranye, kami minta menggelar shalat di rumah masing-masing," ujarnya.

Dia mengatakan, masyarakat harus memahami bahwa Sholat Ied hukumannya sunnah muakkad. Artinya apabila dilaksanakan mendapatkan pahala dan tidak dilaksanakan tak berdosa.

"Beda dengan sholat Jumat karena hukumnya wajib tidak bisa dilakukan di rumah sendirian," kata dia.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha di rumah bisa menggunakan khotbah ataupun tidak, serta dapat dilakukan sendirian maupun secara berjamaah bersama keluarga.

"Jadi kalau mau sendirian Sholat Idul Adha bisa, mau berjamaah dengan istri, anak atau keluarga lainnya pun bisa," kata dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: