Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung (Antara)
Yuswantoro

LAMPUNG SELATAN, iNews.id -  Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengimbau agar masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni agar menyiapkan tiket kapal. Hal ini untuk mengurangi penumpukan penumpang.

"Hal ini dilakukan Untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke pulau jawa pada arus balik," kata Hendro, saat jumpa pers usai menggelar rapat terbatas dalam upaya rekayasa pengendalian arus balik di ruang rapat kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni, Selasa (3/5/2022).

Masyarakat pengguna jasa Pelabuhan dapat langsung membeli tiket di outlet di beberapa lokasi rest area yang dibantu oleh petugas otiritas Pelabuhan penyeberangan Bakuheni.

Lokasi penjualan tiket tersebut di antaranya Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Di jalan lintas sumatera terdapat di RM Siang Malam, Penengahan Lampung Selatan dan RM Tiga Saudara, Ketapang Lampung Selatan, serta Rumah Makan Raja Alam, Lampung Selatan.

"Sementara di JTTS ada helper atau petugas pembantu yang langsung memberikan arahan kepada pengendara yang membeli tiket untuk menyebrang di pelabuhan. Ada di Rest area KM 49, KM 87 B, serta KM 20B," katanya.

Hendro juga mengharapkan masyarakat agar pulang lebih awal saat ini agar tidak ada kepadatan atau penumpukan di Pelabuhan.

"Masyarakat siapkan kendaraan serta fisik, jika lelah silakan langsung beristirahat," katanya.

Sementara untuk sepeda motor, lanjut Hendro, pihaknya tetap melakukan pengawalan bagi pengendara yang melakukan perjalanan malam.

Satuan patroli dari Ditlantas maupun Samapta siap mengawal para pengendara dari perbatasan wilayah Mesuji hingga menuju Pelabuhan Bakauheni.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT