5 Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi Wisatawan, Ada Surganya Lumba-lumba

Rilo Pambudi · Sabtu, 07 Mei 2022 - 13:30:00 WIB
5 Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi Wisatawan, Ada Surganya Lumba-lumba
5 pantai Lampung yang wajib dikunjungi (Foto:Instagram @telukkiluan_lampungyai)

JAKARTA, iNews.id - Pencinta traveling perlu tahu 5 pantai Lampung yang wajib dikunjungi berikut ini. Provinsi Lampung memang memiliki banyak objek wisata pantai yang menarik. 

Daerah pesisirnya yang luas membuat Lampung memiliki pantai-pantai indah yang masih cukup terjaga.

Bisa dibilang, potensi pantai pesisir Lampung tidak kalah menarik dengan pantai di Bali atau Lombok.

Namun menurut laman resmi Pemprov Lampung, besarnya potensi pantai tersebut belum bisa memberikan pendapatan asli daerah (PAD) yang besar bagi pemerintah daerah (Pemda) karena kurangnya pengelolaan.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 pantai Lampung yang wajib dikunjungi karena memiliki pesona yang luar biasa.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai di Lampung pertama yang wajib dikunjungi adalah pantai Pasir Putih. Tempat ini menjadi  salah satu objek wisata yang populer di Lampung. Seperti namanya, pantai ini merupakan hamparan pesisir dengan pasir pantai yang putih dan lembut.

Pantai ini berlokasi Rangai Tritunggal, Katibung, Lampung Selatan. Selain pasirnya yang putih, keindahan pantai ini juga dihiasi dengan pemandangan pohon-pohon rimbun dan air laut yang jernih.  

Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan pengunjung di pantai ini. Antara lain adalah snorkeling, surfing, hingga naik perahu kano.

2. Pantai Teluk Kiluan

Pantai di Lampung berikut ini juga tidak kalah terkenal. Pasalnya, pantai ini tergolong indah dan memiliki daya tarik spesial.

Di pantai ini, pengunjung dapat melihat lumba-lumba secara langsung di alam liar. Wilayah pantai Pantai Teluk Kiluan merupakan habitat bagi satwa laut lumba-lumba jenis hidung botol dan sniper. 

Selain menyaksikan lumba-lumba di alam liar,  pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lain seperti berenang di Laguna Gayau, snorkeling, atau melihat sunset.

3. Pantai Gigi Hiu 

Pantai Gigi Hiu merupakan pantai indah yang memiliki ciri khas unik. Hal itu terkait adanya fenomena alam yang membuat pantai ini akhirnya dinamakan Pantai Gigi Hiu.

Struktur batuan karang di sekitar pantai ini berbentuk runcing. Itulah kenapa tempat wisata ini dinamakan Pantai Gigi Hiu. Pantai ini dapat menjadi destinasi wisata yang sangat fotogenik dan Instagramable. 

Sayangnya akses ke pantai ini masih lumayan sulit karena letaknya yang jauh. Hanya sepeda motor yang dapat dikendarai jika ingin datang ke tempat ini. Letak pantai ini berada di Pekon Susuk, Kelumbayan, Tanggamus Regency, Lampung.

Jika dari Bandar Lampung, masih berjarak sekitar 86 kilometer (km) dan ditempuh dalam waktu 3 sampai 4 jam perjalanan.

4. Pantai Sari Ringgung 

Pantai yang tak kalah indah berikutnya adalah Pantai Sari Ringgung. Pantai ini tampak mempesona dengan pasir pantai putih dan juga air laut yang sangat jernih. Panorama ini tentunya sangat cocok untuk bermain air dan berswafoto.

Namun, akses menuju pantai ini terbilang cukup sulit lantaran harus perlu melewati jalanan terjal, berliku, dan berbatu. Jika dari Kota Bandar Lampung, membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke tempat ini. Kendati demikian, perjuangan dalam perjalanan tersebut akan terbayar tuntas setelah sampai di Pantai Sari Ringgung.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: