Aman dan Cepat, Pemudik Lintas Sumatera Lebih Senang Lewat Tol

Antara ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 11:02 WIB
Aman dan Cepat, Pemudik Lintas Sumatera Lebih Senang Lewat Tol
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi jalur favorit pemudik. (Foto: Antara)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Pemudik yang melewati jalur lintas Sumatera di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, lebih memilih masuk jalur tol. Selain alasan keamanan, akses tersebut juga dinilai lebih lancar.

Terpantau, ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Bandarlampung, didominasi kendaraan dengan nomor polisi luar kota.

Pemudik asal Yogyakarta, Anton mengatakan, melewati tol lintas Sumatera ini sangat bermanfaat, khususnya untuk pemudik. Selain menghindari dari potensi kejahatan di jalan, akses tol juga memangkas jarak tempuh.

BACA JUGA: Pemudik Diminta Pasang Aplikasi Pemantau Cuaca

"Karena bisa memangkas jarak tempuh, sehingga tiba lebih cepat," kata dia kepada wartawan di Gerbang Tol Kota Baru, Bandarlampung, Lampung, Jumat (31/5/2019).

Pengguna tol lainnya, Toni, membenarkan hal tersebut. Menurut dia, jarak tempuh dari Bakauheni menuju gerbang tol Kota Baru, Institut Teknologi Sumatera, hanya membutuhkan waktu 45 menit.

BACA JUGA: Banjir dan Longsor Bayangi Arus Mudik di Sumut, BMKG Imbau Pemudik Hati-Hati

"Lewat tol jauh lebih cepat dari jalan nasional yang bisa dua hingga tiga jam perjalanan. Belum lagi kondisi arus lalu lintas jalan yang tak menentu," ujar dia.

Untuk ruas tol tersebut, dia berharap, ke depannya akan ada tambahan fasilitas seperti rest area sebagai tempat peristirahatan pengguna jalan. Fasilitas umum jalan tol itu, kata dia, tentu dapat membuat pemudik lebih nyaman.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal